Rabu, 16 Januari 2013

Waspadai Demam Berdarah

Sumber-Memasuki musim penghujan ini, masyarakat di wilayah kecamatan Sumber, dihimbau mewaspadai bahaya penyakit demam berdarah (DB) Hal itu disampaikan oleh camat Sumber-Sukandar, dalam rapat koordinasi kepala desa, di pendopo kecamatan setempat, baru-baru ini.


Sukandar mengatakan daerah yang perlu mewaspadai adanya penyebaran penyakit DB di kecamatan Sumber yaitu desa Tlogotunggal dan Kedungasem. Pasalnya desa tersebut pada tahun 2011 menjadi endemi DB walaupun belum Kejadian Luar Biasa (KLB).


Sukandar menjelaskan sebagai langkah antisipasi, warga masyarakat dihimbau menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan 3 M, menguras kamar mandi, mengubur barang bekas dan menutup bak air.


Secara terpisah Unit Pelaksana Program Penyakit menular dan penyehatan lingkungan Puskesmas Sumber-Martha Gusmantika menerangkan berdasarkan data yang ada di Puskesmas Sumber, pada tahun 2011 lalu tercatat ada 15 kasus DB.


Martha Gusmantika menuturkan untuk memberantas telur dan larva nyamuk Demam Berdarah, pihak puskesmas telah melakukan foggingisasi (pengasapan) ke 7 desa dari 18 desa di kecamatan Sumber meliputi desa Megulung, Sumber, Sukorejo, Randuagung, Bogorejo, Jadi dan desa Kedungasem. Selain itu juga mendistribusikan abate ke 18 desa di wilayah ujung barat daya kabupaten Rembang.(Masudi )

0 komentar:

Posting Komentar