Jumat, 18 Januari 2013

Perbedaan Topik dan Tema

Antara topik dengan tema dapat menentukan selaras atau tidaknya isi dari sebuh karya tulis ilmiah. Tapi apa sebenarnya perbedaan topik dan tema supaya tidak ada lagi salah pengertian, sehingga menimbulkan kesalahan dalam pembuatan karya tulis.


Pengertian topik yaitu kalimat yang menjadi ide utama dalam paragraph tersebut. Selain itu topik juga mengontrol dan membatasi ide yang dibicarakan dalam sebuah paragraph. Olah karena itu topik seharusnya menjadi hal yang pertama kali ditentukan oleh penulis. Dari sebuah topik tersebut, oleh penulis dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.

Ciri-ciri sebuah topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan bersifat umum dan belum diuraikan lebih mendetail. Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis.

Sedangkan sebuah tema dapat diartikan sebagai suatu gagasan pokok atau ide pikiran dalam membuat suatu tulisan. Di setiap tulisan pastilah mempunyai sebuah tema, karena dalam sebuah penulisan dianjurkan harus memikirkan tema apa yang akan dibuat. Tema juga hal yang paling utama dilihat oleh para pembaca sebuah tulisan.

Jadi perbedaan antara topik dan tema terletak pada penerapannya, apakah dia sebagai ide untuk sebuah paragraf atau ide dari keseluruhan isi karya tulis. Tema memiliki cakupan yang lebih luas daripada topik. Karena topik hanya terbatas pasa beberapa paragraf, sedangkan tema mencakup dari keseluruhan paragraf.

0 komentar:

Posting Komentar