Rabu, 16 Januari 2013

RPP HIDROSFER BERKARAKTER

RPP Hidrosfer Berkarakter merupakan perangkat pembelajaran pada matapelajaran Geografi untuk SMA kelas X (Sepuluh) yang diberikan pada semester 2 (dua) dengan alokasi waktu 7 x 45menit (empat kali pertemuan), dilengkapi dengan indikator dan implementasi PBKB serta indikator Pendidikan Kewirausahaan. RPP untuk materi atmosfer ini ber-Standar Kompetensi: 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer dengan Kompetensi Dasar: 3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi. Sedangkan indikator yang tercakup di dalamnya meliputi:

  1.Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus air.
  2. Mengidentifikasi berbagai jenis perairandarat.
  3. Menentukan jenis air tanah berdasarkanletaknya.
  4. Mengidentifikasi telah terjadinyapenurunan air tanah di suatu wilayah.
  5. Mengidentifikasi ciri-ciri sungai menurutprofil memanjang.
  6. Mengidentifikasi jenis-jenis dan polaaliran sungai.
  7. Mendeskripsikan Daerah Aliran Sungai(DAS).
  8. Menganalisis faktor penyebab kerusakanDAS.
  9. Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS.
10.Mendeskripsikan proses terjadinya danau.
11.Mengidentifikasi manfaat rawa bagi kehidupan.
12.Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir.
13.Menjelaskan perbedaan proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
14.Mengklasifikasi jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayahkekuasaan.
15.Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi dasar laut.
16.Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang dan arus laut.
17.Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia.
18.Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut air laut.
19.Mengidentifikasi faktor-faktor perbedaan-perbedaan kadar garam (salinitas) airlaut.
20.Mengidentifikasi faktor-faktor yang membedakan perbedaan warna air laut.


Adapun indikator dan implementasi PBKB serta indikator Pendidikan Kewirausahaan sebagai berikut:

- Indikator nilaiPBKB:
   Religius, kerja keras, jujur, saling menghargai, mandiri, disiplin, dan peduli lingkungan.

- Implementasi PBKB:
• Turut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.
• Mandiri dalam menyelesaikan tugas individu.
• Disiplin dan demokratis dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok.

- IndikatorPendidikan Kewirausahaan:
   Kerja keras, jujur, salingmenghargai, kreatif, dan inovatif.
Isi selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik:



Unduh

0 komentar:

Posting Komentar