1.Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus air.
2. Mengidentifikasi berbagai jenis perairandarat.
3. Menentukan jenis air tanah berdasarkanletaknya.
4. Mengidentifikasi telah terjadinyapenurunan air tanah di suatu wilayah.
5. Mengidentifikasi ciri-ciri sungai menurutprofil memanjang.
6. Mengidentifikasi jenis-jenis dan polaaliran sungai.
7. Mendeskripsikan Daerah Aliran Sungai(DAS).
8. Menganalisis faktor penyebab kerusakanDAS.
9. Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS.
10.Mendeskripsikan proses terjadinya danau.
11.Mengidentifikasi manfaat rawa bagi kehidupan.
12.Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir.
13.Menjelaskan perbedaan proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
14.Mengklasifikasi jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayahkekuasaan.
15.Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi dasar laut.
16.Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang dan arus laut.
17.Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia.
18.Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut air laut.
19.Mengidentifikasi faktor-faktor perbedaan-perbedaan kadar garam (salinitas) airlaut.
20.Mengidentifikasi faktor-faktor yang membedakan perbedaan warna air laut.
Adapun indikator dan implementasi PBKB serta indikator Pendidikan Kewirausahaan sebagai berikut:
- Indikator nilaiPBKB:
Religius, kerja keras, jujur, saling menghargai, mandiri, disiplin, dan peduli lingkungan.
- Implementasi PBKB:
• Turut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.
• Mandiri dalam menyelesaikan tugas individu.
• Disiplin dan demokratis dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok.
- IndikatorPendidikan Kewirausahaan:
Kerja keras, jujur, salingmenghargai, kreatif, dan inovatif.Isi selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik:
Unduh
0 komentar:
Posting Komentar