Jumat, 18 Januari 2013

Cara mencegah cacingan



Cacingan merupakan penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Tentunya hal ini akan bahaya karena anak akan mudah sakit dan kurang gizi. Tentunya cacingan ini harus dicegah sebellum menyerang anak anak.
Ada beberapa cara utuk mencegah cacingan. Berikut beberapa tipsnya :
Sebagai orangtua, kita dituntut untuk senantiasa menjaga kebersihan, terutama saat menyiapkan makanan bagi keluarga. Cuci bersih bahan makanan dan perlatan makan keluarga. Sebaiknya bersihkan peralatan makan tersebut dengan menggunakan lap/kain bersih sebelum dipakai.
Mandikan anak setidaknya 2 kali sehari agar kuman-kuman termasuk cacing yang menempel ditubuhnya segera hilang.
Berikan selalu makanan yang cukup dan bergizi seimbang supaya kodisi tubuh anak tetap prima.
Ajari anak untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan, sesudah bermain dan sesudah buang air besar.
Ajari anak untuk buang air besar pada tempat yang sudah tersedia (tidak di sembarang tempat).
Berikan mainan yang bersih dan jika perlu cuci secaa berkala, apalagi jika mainan tersebut sering digunakan untuk bermain diluar rumah/diletakkan di tanah. Terlebih lagi jika anak punya kebiasaan menggigit atau memasukkan mainan e dalam mulut.
Jangan biasakan anak bermain tanah, apalagi jika tanah tersebut kotor dan tercemar denga tinja/kotoran.
Biasakan selalu menggunakan alas kaki/sadal jika keluar rumah.
Potong kuku anak karena kuku yang dibiarkan panjang akan menajdi sumber penyakit.
Mengajari anak memotong kuku (disunnahkan pada hari jumat) sekaligus akan mendidik anak untuk mengenal salah satu sunnah fitrah
Anak yang dicurigai menderita cacingan dari keluarga atau lingkungan disekitarnya biasanya akan diberikan obat cacing tapi dengan dosis pencegahan (dosis yang lebih rendah) dan dianjurkan diberikan 6 bulan sekali.

Bagaimana Cara Mengobati cacingan?
Untuk mengobati cacingan , dokter akan memberikan obat cacing dengan dosis yang sesuai dengan berat badan anak pada kasus anak mengeluarkan cacing pada tinja dan atau muntahan
pada anak yang mengalami anemia dokter juga akan memberi obat penambah darah
demikian cara mencegah dan mengobati cacingan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar