Jumat, 18 Januari 2013

5 desa Rawan banjir

Lasem-Masalah banjir menjadi catatan tersendiri bagi warga yang bermukim di 5 desa di wilayah Kecamatan Lasem, hampir setiap musim hujan tiba 5 desa tersebut diindikasikan tak pernah luput dari banjir, sudah tak terhitung lagi bencana banjir melanda 5 desa yang masuk dalam kategori rawan bencana alam.

Camat Lasem Ismanto mengatakan, ke 5 desa yang menjadi langanan banjir yakni desa Karang Turi, Bagan, Tasik Sono, Sendang asri dan Dasun. Diakui Kondisi geografis desa terletak di dataran rendah dan di pinggiran kali Bagan. Berbagai upaya telah di lakukan pihak kantor Kecamatan Lasem untuk meminimalisir bencana banjir diantaranya dengan pembuatan tanggul, drainase dan pembersihan saluran air dan selokan di pemukiman warga.


Terpisah Kepala desa Tasik sono Sutarno menjelaskan, sebagai antisipasi secara dini bahaya banjir, pihak desa bersama warga telah bergotong royong membersikan anak sungai bagan yang melintas di desanya. Langkah ini dengan maksud agar setiap air yang datang dari hulu sungai, tidak sampai meluap kerumah warga.


Pasalnya bila air sudah sampai meluap, kondisi sungai tidak mampu lagi menampung derasnya air sehingga menyebabkan banjir. Warga dan pihak desa juga sudah mengantisipasi dengan membuat tanggul penahan air dari karung yang diisi dengan pasir. (Heri )

0 komentar:

Posting Komentar